REVIEW DRAMA SCHOOL 2017


Profile
Drama: School 2017 (literal title)
Revised romanization: Hakgyo 2017
Hangul: 학교 2017
Director: Park Jin-Suk
Writer: Jung Chan-Mi, Kim Seung-Won
Network: KBS2
Episodes: 16
Release Date: July 17 - September 5, 2017
Runtime: Mon & Tue 22:00
Language: Korean
Country: South Korea

Cast:



Additional Cast Members:
Kim Soo-Jin - Sa-Rang's mother
Chu Kwi-Jung - Hee-Chan's mother
Kim Jin-Woo - Im Joon-Ki
Jang Dong-Joo - Shin Joon-Gyu
Song Yoo-Hyun - private institute counselor
Kim Sun-Hwa - Jung-Il's mother
Lee Chae-Kyung - Bit-Na's mother
Shin Yun-Sook - Joon-Ki's grandmother
Choi Beom-Ho - school vice-commissioner
Jeon Jin-Ki - Choi Byung-Soo
Jung Hyun-Suk - lawyer
Jeon Hun-Tae - Kang
Son Kang-Kuk
Lee Se-Rang
Jung Soo-In
Kang Min-Hyuk - Jong-Geun (ep.1)

Tepat 2 hari yang lalu, aku baru namatin nonton School 2017. Udah agak males sih ngelanjutin drama ini, tapi udah terlanjur setengah jalan dan gak afdol kayaknya kalo ga melihat dengan mata kepala sendiri gimana nasib Ra Eun Ho dan si X.

Awal penayangannya drama ini memang dapet ratting yang lumayan tinggi yaitu sebesar 5,9%. Tapi makin lama rattingnya semakin menurun seiring semakin gaje nya cerita yang disajikan. Hasilnya sangat berbeda dibandingkan slot drama KBS sebelumnya yaitu Fight My Way, yang diawal penayangannya sempat mendapatkan ratting yang kurang memuaskan namun pada akhirnya Fight My Way mendapatkan ratting yang terus naik dan diluar dugaan, drama yang dibintangi Park Seo Joon dan Kim Ji Woon pun sukses besar.

Sebelumnya aku ini adalah penggemar berat drama korea yang mengusung kisah anak sekolahan. Selain karena pemainnya itu biasanya muda-muda dan cakep cakep, kisah anak sekolah biasanya ngena' banget karena kita juga pernah ngerasain kan masa-masa sekolah. so, lebih realistis dan mudah dibayangkan. Contoh drama korea yang mengusung cerita anak SMA yang aku suka banget ada 'God of Study', 'Angry Mom', 'School 2013', 'School 2015' dan terakhir yang masih anget ada 'Solomon Perjury'

Tapi.... Kayaknya ketertarikanku terhadap drama anak sekolahan ga berlaku di drama School 2017. Pasalnya dari episode pertama aku cuma bisa ngerespon 'eh, kok gini? ini beneran drama school 2017?' Di penanyangan episode pertama, bahkan School 2017 dibanjiri oleh kritikan, selain karena ceritanya yang dianggap kurang, akting pemainnya pun dibawah ekspektasi.
Sebenernya aku juga kurang srek sama main cast di drama ini, pasalnya Kim Yoo Jung yang digadang-gadang akan jadi pemeran utama malah menolak School 2017. Tapi... setelah melihat akhir cerita School 2017, aku akhirnya bisa bilang "Yeokshi, keputusan yang tepat Yoo Jung nolak tawaran School 2017"

Drama ini bercerita tentang kehidupan sekolah di Korea, sistem kasta dan sosial yang melibatkan murid, guru dan orang tua siswa. Hmmm... awalnya aku nyium aroma2 cerita yang khas seperti school series sebelumnya yang nyajiin cerita se-realistis mungkin tentang anak SMA dan menyiratkan banyak moral value di dalamnya.

Tapi, nyatanya tidak seperti yang aku harapkan. cerita yang dimunculkan kebanyakan malah tentang si X dan para X kawe lainnya. Dimulai ketika episode pertama, siswa mengambil makanan siang di kantin ngantrinya itu harus sesuai rangking. Emang ada yang sistem sekolah yang kayak gitu??? Coba tanya deh sama siswa2 di Korea... Duh ini cerita udah bikin geleng-geleng kepala. trus yang si X nerbangin drone di aula dan neror kepala sekolah, trus yang lagi ujian tiba-tiba sensor kebakaran nyala... Hmmmm... banyak sekali yang illogical alias gak masuk akal menurutku...

Yahh... nasib School 2017 sepertinya kurang beruntung. Pasalnya disamping ratting yang semakin menurun, School 2017 yang termasuk ke dalam jajaran drama School Series pun pada akhirnya menjadi perbandingan drama-drama School Series sebelumnya. Kita tau banget kan School 2013 yang dibintangi Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin itu legend banget, sampai School 2015 yang dibintangi Kim So Hyun dan Nam Jo Hyuk pun tidak bisa menyainginya. Dan sekarang School 2017 yang di nanti-nanti pemirsa dengan ekspektasi yang tinggi jutru malah membawa banyak kritikan dan dinilai merupakan penurunan drastis dari School Series sebelum-sebelumnya.

Yosh saya cuma bisa ngasih nilai 5 dari 10. bagi saya yang sering nonton drama ongoing, definisi drama yang bagus adalah drama yang durasinya lama tapi berasa sebentar, dan drama yang bagus drama yang tayang seminggu dua kali tapi bikin kita ngerasa nunggu bertahun-tahun saking lamanya.
Tapi nampak nya School 2017 tidak punya itu.

Eh ngomong-ngomong, pemeran Yoon Tae Woon aku prediksi dia bakalan jadi aktor sukses. Visualnya di School 2017 entah kenapa bikin aku keinget sama Kim Woobin di School 2013.

Sudah dulu yaaaa....
Payyyyyyyyyy
Annyeongigaseyoooo 



0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.